Jumat, 12 Juni 2015

Urutan Pemilihan Vendor Wedding

Baru ngeh juga ya sama keyword diatas.. seharusnya keyword ini yang pertama gw browse waktu mau nyiapin wedding.. Anyway, karena pengalaman kemaren gw merasa perlu banget urutan yang tepat supaya cost bisa di-press dan semua hal lebih align. Semoga ini berguna bwt temen-temen capeng yang sedang mempersiapkan, bisa jadi input bwt timeline yang temen-temen bwt juga.

Sebelumnya, ada beberapa asumsi untuk urutan ini, yaitu: pake bridal (tidak pake MUA), Pengantin before dan after reception menginap di Hotel, Gaun Penerima Angpao dan Bridesmaid sewa, Fotografi Prewed dan Hari H dengan Vendor yang sama, Holy Matrimony Pagi dan Resepsi Malam, tidak memberikan seragam untuk Penerima Tamu, Wedding Concept International & diadakan di Gedung.

Dan inilah urutan yang ideal versi gw:
  1. Wedding Organizer
  2. Holy Matrimony Venue
  3. Reception Catering/Venue
  4. Reception Venue/Catering (tergantung pilihan no.2)
  5. Hotel
  6. Bridal/ Foto & Videografi
  7. Foto & Videografi /Bridal (tergantung pilihan no. 4)
  8. Decoration
  9. Entertainment
  10. Groom’s Suit
  11. Dress Mama & Saudara Perempuan (jika ada)
  12. Suit Papa & Saudara Laki-Laki (jika ada)
  13. Wedding Car
  14. Invitation
  15. Souvenir
  16. Wedding Ring
  17. Dress Bridesmaid & Penerima Angpao
  18. MUA Penerima Tamu, Bridesmaid, & Penerima Angpao
  19. Hand Bouquet & Corsage
  20. Wedding Cake
  21. Holy Matrimony Lunch Box
  22. Crew Dinner Box
  23. Others: Pondokan dari luar; Dasi Papa, Saudara Laki-Laki & Bestman; Buku Misa & Set Benda Rohani (untuk yang Katolik); Frame & Tempat Cetak Foto untuk Wedding Gallery; Balon Gas & Merpati; perlengkapan prewed (balon inisial, chalkboard, alat musik, dll); perlengkapan shooting hari H (kimono, hanger, dll).         
Notes:
  • WO dibuat duluan supaya bisa bantu cari vendor yang lain dan juga deal-in bonus-bonus. 
  • Setelah WO, Holy Matrimony Venue dulu karena ini lebih penting dari Reception, kalo Reception dimana aja bisa, tapi kalo Holy Matrimony seperti di agama saya, pengurusannya lebih simple di lingkungan tempat kita tinggal. Lebih awal di book biar dapat jam yang enak juga, dan perlu diprepare waktu antara Hotel-Bridal-Holy Matrimony Venue-Hotel (bisa di-skip langsung ke Bridal kalo tidak memungkinkan)-Bridal-Reception Venue. Karenanya better Hotel, Bridal, Holy Matrimony Venue, dan Reception Venue berdekatan. Jika tidak bisa, saran saya pake Bridal yang bisa datang ke Hotel atau pake MUA.
  • Untuk yang ada "/" nya bisa yang mana aja duluan karena biasanya satu paket. Misalkan untuk cari gedung, catering biasanya punya list rekanan, kita jadi ga usah repot cari gedung, tinggal cari dari list catering aja. Untuk yang mau press budget better cari gedung dari list catering, karena pasti sudah otomatis terseleksi yang sekategori sama catering yang kalian pilih. Sedangkan untuk yang lebih mentingin konsep, better pilih dari gedungnya baru cari rekanan cateringnya.  
  • Buat yang pingin simple, ini biasanya vendor yang paketan: Gedung-Catering-Decor-Entertainment, Bridal-Prewed, dan WO-Entertainment.

Selain vendor-vendor tersebut yang perlu dipikirin juga adalah Vendor Pre Marital Check Up dan Honeymoon.. Happy Preparing, Happy Capeng ^-^

8 komentar:

  1. thanks infonya vin, emang yg paling penting menurut ak point 1sampai 6 karena ngaruh banget di rundown hari H :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Nie.. semoga semuanya bisa deketan ya Nie :D

      Hapus
  2. Hi vin.. congratulation for your wedding day ya..sorry ya ucapin nya telat. :D
    kalo buat gw, no 1 - 7 itu emang yg penting & harus dicari duluan. Karena sekarang mau adain resepsi di jakarta kayak mesti 'rebutan' tempat terutama utk tanggal cantik. Berlaku jg utk vendor2 laennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Chyn.. semoga tar lu juga lancar hari H nya ya.. Iya di Jakarta wedding uda komersil sekali.. setahun sebelumnya uda kudu book gedung, bridal/MUA dan fotografi kalau mereka favorit..

      Hapus
  3. hihihi.. kalo aku malah WO gak jadi urutan pertama. Tapi balik lagi.. ambil bagian WOnya bener2 full dari awal atau cuma hari H. :) *ini cuma opini pribadi aja yaa, jangan masukin ke hati*. wkwkwkw.. :D soalnya kalo gak full, kayanya mreka gak bertugas untuk cari tempat dan dealin bonus. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ci Epi.. tergantung persepsi masing-masing.. yang penting semua hepi dan dapet win-win solution ya.. :D

      Hapus
  4. Hiii.. ak telat ni infonya. Urutanku berantakaaaan. ^^ Anw, happy wedding (telat abiz). Happily ever after and salam kenal ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Shall.. Salam kenal juga :D Thank you ya.. Amiinn2.. Gpp Shal, ini urutan versi gw hehe.. dan yang penting eksekusinya bukan urutannya :D Happy preparation ya.. semoga semua lancarr..:D

      Hapus