Senin, 04 Mei 2015

Premarital Check Up: Prodia

"Panel Premarital merupakan sekumpulan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan status kesehatan kedua calon mempelai, terutama untuk mendeteksi adanya penyakit menular, menahun atau diturunkan yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan maupun kesehatan janin" - dikutip dari flyer prodia..

Itu pengertian premarital check up menurut prodia..

Kalo menurut temen gw premarital seharusnya dilakukan sebelum memutuskan menikah.. Menurut dia, jadi masih ada kemungkinan untuk tidak dengan pasangan kalau pasangan tidak subur, maupun sebaliknya.. Kejamm.. tapi ada benernya juga..

Tapi kalo buat gw pribadi premarital adalah persiapan mental kita jika ternyata salah satu dari kita atau pasangan tidak subur (jadi uda tahu sebelum sah, biar lebih fair, ga beli kucing dalam karung) dan persiapan untuk menyambut si calon anak nanti..

Gw lebih pengen ngebahas yang kedua, mengenai persiapan untuk menyambut si calon anak..

Ternyata penting ya mempersiapkan diri sebelumnya, karena kasihan banget nanti si anak kalo ternyata si bapak dan ibunya ada yang membawa penyakit turunan atau ada kelainan darah dengan nama-nama penyakit yang serem-serem itu.. Sebagai manusia normal, kita pasti pingin dikaruniai anak yang sehat secara jasmani dan rohani, lengkap tak kekurangan suatu apa pun, jadi kalo bisa pastikan semua hal ready, sudah sehat atau sudah diobati baru mulai program pembuatan anak..

Gara-gara ini gw juga nanya macem-macem ke temen dan jadi tahu hal-hal lain, misalnya kenapa perlu mencatat waktu mens, awalnya gw pikir cuma buat memperkirakan masa subur untuk pembuatan anak, ataupun untuk yang mau menunda agar bisa menentukan waktu supaya tidak di masa subur, tapi ternyata selain itu juga supaya bisa cepet ketahuan kalo kita hamil. Kenapa perlu cepet-cepet tahu kalo kita hamil, supaya ga makan-makanan mentah saat hamil, karena banyak virus Rubella di makanan mentah.. Even Salad atau Lalapanmu (tadinya gw cuma kepikiran makanan mentah yang bisa kemakan itu sushi dan steak)..

Ok, back to the topic, jadi gw deal pakai prodia saat pameran, kenapa prodia ga perlu dijawab ya karena paling seringnya denger prodia, jaminan kualitas (lho kok jadinya dijawab), dan setelah sekian lama gw baru medcheck sabtu kemarin..

Prosesnya H-1 kita puasa dulu 12-13 jam sebelumnya, kemudian pas sampe disana ambil nomor antrian untuk didata, trus ambil darah (5 bottle each, tapi beneran ga berasa) dilanjutkan dengan ambil urine.. hasilnya jadi 3 hari setelah medcheck, tapi baru akan diambil sabtu ini aja.. biar ambilnya bareng-bareng. O ya, saat ngambil hasil nanti juga akan ada penjelasan dari dokter prodianya.. jadi better emang diambil bareng..

Dan berikut adalah jenis-jenis tes yang dilakukan:
  1. Hematologi Lengkap
  2. Urine Rutin
  3. Golongan Darah & Rhesus
  4. Glukosa Puasa
  5. HBsAg
  6. VDRL/RPR
  7. Gambaran Darah Tepi
  8. Analisis Hb HPLC
  9. Badan Inklusi HbH
10. Ferritin
11. Anti-Toxoplasma IgG
12. Anti-Rubella IgG
13. Anti-CMV IgG
Notes: Untuk Ce dilakukan ketiga belas tes tersebut, sedangkan untuk Co hanya poin 1-10..

Di pameran paketnya biasanya diskon 20%, waktu gw ambil paketnya 3,7 juta berdua, setelah diskon jadi 3 jutaan..

Semoga infonya berguna.. Have a great day :D

8 komentar:

  1. good bgt vin uda lakuin premarital test :D semoga hasilnya smua baik2 ya vin.
    premarital ini uda gue diniatin buat dilakuin pas mau nikah vin eh tapi jadi cuma sebatas niat doank, hahahaha :p
    yang gue lakuin seblm married selain premarital itu suntik gardasil vin (yg ini terlaksana).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ping.. Amin2.. semoga semua baik2.. Kmrn gw suntiknya pakai cervarix Ping.. Bgslah ping kalo uda suntik sblm married jadi ga ribet pap smear lagi..

      Hapus
  2. deal di pameran apa ci? kira2 ada lagi kapan yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap pameran yang diadain di JCC biasanya prodia ikutan Nie.. Kemaren aku juga deal di JCC waktu International Wedding Festival

      Hapus
  3. kamu udah cek lab??di prodia mana??ketemuan dong kita klo pas ke prodia pusatttt....hehehe...aku justru priksa nya pacra meritalll..hehehe..abis nikah bru cek lab...untung hasilnya ga ada apa2...hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda Cath sabtu kemaren di prodia pasar minggu.. yah sayang ya Cath.. padahal pgn kopdar sekalian ngasih selamet langsung ke lu.. wah baguslah kalo semua baek2 Cath :D

      Hapus
  4. yup, emang sebenernya pre marital ini penting ya vin..kayak yg u blg di postingan ini..tapi sampe sekarang, gw blm dp jg sama prodia / lab manapun buat test darah..

    Wah, ambil nya sampe 5 botol. >.<
    gw pernah periksa darah 1x & cm diambil 1 botol, itu jg pesen2 kl pake jarum yg kecil aja & ga berani liat pas darah nya ketampung di botol.. hahaha, emang gw penakut nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk tos dulu kita.. gw jg sama, ga berani lyat jarumnya.. trus dulu2 biasa gw suka pusing stlh ambil darah.. kemaren juga.. tapi kmrn cpt pulihnya karena abis ambil darah lgsg mnm teh.. Pdhl darah yg diambil lbh byk.. jadi ksmpln gw selama ini gw bkn psg krn darahnya byk diambil, tapi lbh krn gw takut jadi adrenalin ikut naik hehe..

      Hapus