Hai.. hai.. berhubung baru beres banget (baca: malem ini) Gladi Resik Pemberkatan Gereja, jadi kepikiran buat nulis barengan dengan hasil technical meeting akhir April lalu.. Check this out Bride to Be-ers..
Technical Meeting (TM) Resepsi
Gw ga akan cerita detail, lebih ke arah tips and trick aja.. Monggo siapa tahu berguna:
1. Lokasi : Venue Resepsi (kalo di kasus gw, di Palma One, Kuningan).
2. Attendance : Vendor-Vendor yang bekerja di saat resepsi, yaitu Venue, Catering, Entertainment, Decoration, Liputan, dan jika kamu pake WO, sama WO juga.
3. Coordinator : WO (jika pake), panitiam atau calon mempelai sendiri. Coordinator bertugas untuk memastikan semua vendor terkait hadir saat TM.
4. Waktu/Durasi: kurang lebih N-1 (satu bulan sebelum hari H)/ kemarin kita kurleb 2 jam.
5. Mekanisme : Tiap Vendor secara bergantian memperkenalkan diri dan mengkonfirmasi kembali
hal-hal yang akan didapatkan calon mempelai. Misalnya:
Vendor Gedung
Make sure jadwal penyalaan AC dan kapan pengantin boleh masuk dan maksimal keluar, kapan barang-barang yang dipinjamkan seperti stand canvas, alat tea pai, buku tamu dan spidol diserahkan ke WO (kemaren WO nya langsung bawa pas abis TM).
Vendor Catering
Make sure lagi jumlah undangan dan kecukupan makanan. Sekaligus pencocokan tema warna antara decor gedung dan decor catering.
Vendor Entertainment
Konfirmasi ambience yang mau didapatkan, bahas possibility rundown, jam berapa MC dan Penyanyi dan Pemusik datang. Penyanyi nyanyi berapa jam, Konfirmasi list lagu final.
Vendor Decor
Membawa contoh gambar dan mengkonfirmasi lagi, apakah ada perubahan, misalnya pada warna.
Vendor Liputan
Make sure rundown (ternyata di APP ada jam paling pagi ngeliput lho, diatas jam tersebut ada charge lagi) dan berapa banyak crewnya.
Vendor WO
Make sure rundown dan coordinate meeting.
6. Hal yang perlu disiapkan sebelumnya:
a) Pastikan semua list pertanyaan WO sudah diisi. Atau jika kamu tidak pakai WO, bisa pinjam rundown temanmu yang sudah nikah sehingga ada gambaran perintilan yang perlu dipikirkan, misalnya pergi ke bridalnya dengan mobil apa, siapa yang bawa, hadiah gamesnya apa, ortu masuk pakai lagu apa, dsb. Ga lengkap ga pa pa sih, tapi akan lebih mudah kalo lengkap.
b) Jika kamu memang mau mempersiapkan Pesta yang Memorable, browsing lah sedetail
detailnya mengenai perintilan yang mau disajikan, misalnya mau entrance nya dengan kembang api, pastikan siapa yang bawa, mau dibagi ke siapa aja, siapa yang akan membagi, dll. Atau mau ada bentuk guest book yang beda dari biasa, dapat dikomunikasikan mekanismenya saat TM.
c) Tenaga dan pikiran yang fokus. Karena TM ini akan membahas hal yang teknis banget, jadi pastikan kamu ga lagi kecapean, untuk menghindari kesulitan fokus atau memastikan berdua dalam kepala dingin agar ga terjadi pertengkaran karena hal kecil yang tidak sama pendapat.
d) Uang Pelunasan (jika TM diadakan setelah due date pembayaran).
Gladi Resik Pemberkatan Gereja
Contek poin di TM ah..
1. Lokasi : Venue Pemberkatan (kalo di case gw, di St.Andreas Kim Tae Gon Kelapa Gading).
2. Attendance : Wajib Kedua Calom mempelai, dianjurkan Kedua Ortu, Saksi, Lektor, Komentator, Pembawa Persembahan, & WO.
3. Coordinator : - (bebas ya, tapi di case gw, gw contact sendiri).
4. Waktu/Durasi: Di Kelapa Gading di Kamis pertama tiap bulannya/ kurleb 2 jam.
5. Mekanisme : Gladi Resik dari perarakan masuk sampai doa di Bunda Maria.
6. Hal yang perlu disiapkan sebelumnya:
a) Buku Misa yang sudah dikonfirmasi ke Romo yang akan memberkati.
b) Persiapan Mental, karena beneran dibacain semua sampe janji-janjinya sama volunteer yang maju.
c) Notes dan Pen, untuk mencatat hal-hal yang penting, misalnya untuk case gw dimana dua pasang ortu ada di luar kota, jadi mereka kudu dibrief lagi H-1, bener-bener perlu catatan untuk itu.
Insight (semoga berguna ya temans)
1. TM Resepsi: kalau mau nyiapin resepsi yang detail, harus mau browsing lebih banyak.
2. GR Gereja: notes dan pen perlu banget, terutama kalo banyak attendance yang ga bisa datang.